Minggu, 30 November 2008

Melihat Agus Budiyanto

Kemaren ada acara open house di sekolah, dan katanya ada seorang pelukis kelas international yang datang, gw jadi penasaran

Gw cari cari mana orangnya, ternyata ada seorang pria di depan yang siap demo. Sebelumnya gw gak kenal siapa Agus Budiyanto itu, tapi ternyata waktu gw baca portfolionya, keren juga, beliau udah melanglang keliling dunia, dan karya karyanya dikoleksi bukan saja oleh orang Indonesia ( termasuk teman temanku ) tapi juga orang orang di belahan dunia lain.

Waktu dia demo, cuma butuh waktu 10 - 15 menit untuk setiap gambar yang dia buat, sebetulnya aliran dia itu abstrak , temenku sampe komentar " gw mau dilukis wajah ama Pak Agus " terus temen yang laen ketawa ketawa " iya, muka lu abstrak soalnya "

Satu demi satu diantara kami mengomentari hasil karyanya, memang bener bener abstrak ( kata orang awam ) , kita gak ngerti secara langsung itu gambar apa, tapi Pak Agus mungkin membiarkan kita berimajinasi dan mengintrepretasikan hasil karyanya menurut cara kita masing masing. Ada satu gambar gw lupa judulnya, ada yang bilang itu bejana, terus ada yang bikin satu cerpen lewat gambar itu, tapi ada juga yang simpel mikir itu gambar cowet hehe.....

cuma ya gw kagum aja ama Pak Agus, dia cuma coret coret pake koas, dari yang ukuran buat cat kayu, sampe yang ukuran buat cat tembok, pulas sana pulas sini dan jadilah sebuah gambar terakhir tentang BOROBUDUR dalam waktu 15 menit dan terjual seharga 12,5 juta, sedangkan karya karya yang lain bisa 25 juta mungkin lebih, betapa enaknya jadi seniman kayak Pak Agus

Tapi gw juga tau, perjalanan dan pengalaman Pak Agus gak sesimpel yang kita liat dalam 15 menit pengerjaan, mungkin dia butuh satu meditasi penangkapan konsep, setidaknya waktu dia mencurahkan cat air diatas kanvas sekalipun itu abstrak, dia harus punya konsep utuh apa yang ingin dia lukis, makna dibalik gambar, tidak boleh ada kesalahan sedikitpun karena media cat air berbeda dengan cat minyak tidak bisa ada koreksi.

dan gw jadi mikir lagi ( kebanyakan mikir kayaknya ), dalam hidup ini, kita liat orang orang sukses demikian enak, kerja 2 atau 3 jam ( kayak artis ) dapet duit banyak, tapi dibalik semuanya, mungkin kita tidak tau proses kehidupan yang mereka jalani, buat orang orang sukses jangka panjang, mereka pasti udah punya visi misi, konsep kehidupan yang mereka miliki secara utuh menyesuaikan dengan kemampuan diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar